Tuesday 25 October 2016

Favorite Blog: Fiksi Lotus




fiksilotus.com

Percaya atau tidak, dari sekian banyak website/blog di  dunia saat ini, Fiksi Lotus jadi salah satu Blog yang paling sering ku kunjungi. Entah karena suka, addicted, cuma itu yang bisa di baca atau ingin menghilangkan suntuk, yang pasti blog ini jadi tempat favorit membaca. Kalian pasti memiliki saat-saat melelahkan dimana ide untuk melakukan sesuatu tidak ada, hanya berdiam diri, pikiran cenderung lepas dari raga dan sebagainya. Saat – saat seperti itulah, bila ada koneksi internet, hal  yang akan ku lakukan adalah membaca kisah-kisah menarik di Fiksi Lotus. Seperti melarikan diri ke dimensi dan dunia lain.

Literally one of my favorite Blog.


Seingat ku, awal perkenalan ku dengan Fiksi Lotus ketika mendapat link dari suatu website (I forget it) yang membahas tentang cara penulisan cerpen yang baik, nah ternyata adminnya menyarankan aku untuk membaca referensi dari Fiksi Lotus. Dan dari hanya membaca satu cerpen, aku langsung mendapat moment nah itu dia! dan dari situ kemudian menjadi ketertarikan baru terhadap dunia cerita-pendek.


Yang bisa ku tulis, Fiksi Lotus adalah Blog yang berisi kumpulan cerpen-cerpen klasik maupun esai dari penulis-penulis yang sudah tersohor maupun belum dari seluruh dunia. Semua tulisan dalam Fiksi Lotus sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.


Kecintaan ku pada cerpen tidak  bisa di pungkiri juga karena pengaruh dari Fiksi Lotus (sungguh menakjubkan mengetahui sebuah blog bisa mempengaruhi kehidupan mu). 


Cerpen adalah karya seni, rangkaian cerita yang pas-singkat, mengandung nilai budaya dan moral, bisa me-representasikan emosi dari penulis, penyajiannya yang singkat seringkali menjadikan cerpen sebagai media penyaluran ide yang luarbiasa indah sekaligus  dramatis. Sang penulis bisa langsung menarik minat dari awal paragraph atau dialog, menjadikannya kadang sulit untuk ditolak. Cerpen bagaikan makanan batin. - BS



Berikut adalah cerpen-cerpen favorit ku yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Maggie Tiojakin:

Balada Hujan – Ernest Hemingway*

Raksasa Egois – Oscar Wilde

Dia yang sempurna – Haruki Murakami

Padang rumput afrika – Ray Bradburry

Hari Natal adalah Hari Muram Bagi Orang Miskin - John Cheever

Adapun esai yang pernah ku baca dan menarik adalah Dari mana datangnya ide – Neil Gaiman

*cerpen pertama yang kubaca di Fiksi Lotus 



 
Aku tidak tau persis kapan Fiksi Lotus existed, tapi kalau itu dari tahun 2011, maka betapa terisolasinya diri ku ini. Di pikir kembali, tahun 2011 aku mungkin belum terlalu mengenal dan tertarik dengan karya sastra, khususnya cerpen, mungkin facebook masih mendominasi keseharian ku waktu itu.


Ada juga hal menarik dari Fiksi Lotus di setiap postingannya, apa itu? Diakhir cerpen mostly akan ada pertanyaan mengenai cerita yang baru saja di baca, pertanyaan biasaya terdiri dari beberapa nomor. Hal ini bisa tentang pendapat pembaca tentang jalan cerita, simbol-simbol dalam cerita, karakter-karakter di dalamnya etc. Pokoknya pertanyaan ini semakin membuat Fiksi Lotus bersahabat.  

Selain cerpen,  situs ini juga menyajikan esai, tips (yang bukan sembarang tips), profil penulis, dongeng, proses kreatif, surat  etc. jadi menurut ku, sayang kalau blog seperti ini tidak di share, Fiksi Lotus adalah salah satu blog yang wajib di ikuti pecinta cerpen, karena kualitasnya.

Menurut ku, di Indonesia masih kurang media dalam penyajian cerita-pendek klasik atau manca negara, sehingga Fiksi Lotus seperti angin segar!

Kalian juga tidak usah khawatir tentang keaktif-an Fiksi Lotus, karena secara berkala pengelola akan menampilkan cerpen-cerpen berkelas kepada pembaca setia, pokoknya wajib di follow!

Maggie Tiojakin

 

Lalu-lalu, aku juga mulai mengagumi seorang di balik Fiksi Lotus. Tentu saja, dibalik Blog yang keren, ada seorang penulis yang keren juga dibaliknya. 

Dialah Maggie Tiojakin 







Maggie Tiojakin adalah seorang penulis dan jurnalis Indonesia. Sebagai seorang jurnalis, tulisannya telah dimuat di The Jakarta Post, Boston Globe, Asian News Network, dan Somerville News. Wikipedia


Oh ya, pernah ada wawancara singkat dengan  Maggie Tiojakin soal penulisan cerpen dan maksud dari Fiksi Lotus itu sendiri. Jika ingin membacanya klik disini.



Maggie ini bisa dibilang inspirasi ku, karena rasanya apa yang sekarang di lakukannya adalah apa yang aku ingin lakukan juga, meski tidak semuanya, setidaknya poin-poin seperti penulis dan jurnalis ada dalam daftar.

Ingin sekali suatu saat bisa langsung bertemu dengan beliau, lalu mungkin aku akan mengajukan banyak sekali pertanyaan tentang hidup- maksudku, tentang cerpen. Aku juga mungkin akan meminta saran-saran tentang dunia kepenulisan, dan bagaimana tetap konsisten menghasilkan karya. One day Bim! 

Maggie Tiojakin sudah mengeluarkan beberapa buku yang di published di toko-toko buku di Indonesia, diantaranya: Buku kumpulan cerpen pertamanya, berjudul Homecoming (and other stories), buku terjemahan karya Jason F. Wright yang berjudul Wednesday’s Letters (Surat Cinta Hari Rabu), Sugar Queen karya Sarah Addison Allen, Claudia/Jasmine (hasil adaptasi dari Film ke buku), BALADA CHING-CHING (yang satu ini sudah ada di meja buku ku), Winter Dreams (Novel pertamanya), Buku terjemahan Kisah-kisah Tengah Malam karya Edgar Allan Poe, Just So Stories karya Rudyard Kipling, FIKSI LOTUS: VOL. 1. Dan aku yakin masih banyak lagi karya yang akan di luncurkan olehnya.


Sekian dulu tulisan ku kali ini, sekali lagi, bila ingin mendapat konsumsi cerita-pendek yang berkualitas, jangan lupa berkunjung ke Fiksi Lotus, nikmati setiap kisah di dalamnya, dan hati-hati kecanduan.




Di lain kesempatan mungkin aku akan sangat senang menuliskan review tentang cerpen terjemahan dari Fiksi Lotus. Aku berharap kedepannya situs ini dan Maggie Tiojakin sendiri tetap akan berkarya dan menghasilkan cerita-cerita menarik dan menginspirasi bagi kami pemuda-pemudi yang haus akan karya tulis khususnya cerita-pendek.

BS                                                                              

Apa kalian mempunyai pendapat sendiri tentang cerita-pendek? Atau apakah kalian memiliki situs favorit untuk menikmati cerita-pendek? Tinggalkan komentar di bawah ya!
Semoga tulisan ini bermanfaat dan Thanks for Reading (:

15 comments:

  1. Cerita Pendek yh Aku Sih Ngga Terlalu tertarik Sama Yg Namanya Cerita Pendek, Aku Sukanya Baca Novel.
    Namun Menurutku Cerita Pendek Juga Bisa Dijadikan Bahan Resfreshing Ketika Kita Lagi Suntuk Atau Bosan.

    Situs Favorit Aku Blom Punya Sih Hhehe Karna Aku Juga Ngga Begitu Tertarik Sama Cerpen.

    Nice Post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Novel juga aku suka. Betul banget sesekali boleh coba baca cerpen, kadang ada arti dari tiap simbol dalam cerpen, kayak balada hujan.

      Delete
  2. Meskipun aku tidak terlalu paham tentang cerpen, setelah membaca tulisanmu, aku tau kalo kamu sangat kagum dengan cerpen.

    Aku baru tau tentang Fiksi Lotus, mungkin kalo nanti gak males baca tak buka Fiksi Lotus heee

    Semoga kamu bisa membuat karya yg bagus dan bonusnya ketemu sama idolamu, Maggie Tiojakin. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, mampir² bentar disana dijamin gk buang² waktu sih hehe..

      Terima kasih (:

      Delete
  3. cerpen kesukaan gue itu cerpen nya bikinan kaka gue :v
    lupa ceritanya tapi ingat kalo gue suka ahaha ( aneh ya )

    jadi mau baca fiksi lotus
    pinjem bro :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? jadi pengen baca juga bro (: seandainya bisa dikirim ke aku hehe

      Silahkan di visit blognya bro, cerita²nya penuh makna

      Delete
  4. Aku lebih suka membaca cerita diary seseorang yang gokil kayak ceritanya bang raditya dika sama bang alit susanto sama komik khususnya anime naruto hehe

    Tapi tadi abis coba buka websitenya jadi tertarik buat ngebaca hehe

    Btw, thanks udah berbagi informasinya tentang web fiksilotus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan aku juga jadi pengen baca diary-nya alit susanto (:

      Makasih juga bro

      Delete
  5. Belakangan mulai suka fiksi, tapi belum kesampean buat bisa nulis fiksi hehe, makasih ya bro buat rekomendasinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, fiksi itu keren, bisa bikin dunia khayalan sendiri, ditunggu ya bro karya nya :)

      Delete
  6. Wow, jujur gua baru denger nih soal Fiksi Lotus. Kalo blog soal cerpen yg lumayan bagus, dulu gua sering ngikutin blognya Sang Cerpenis Bercerita. Gak tau masih ada gak tuh blognya, udah lama ga liat updatenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya udah gak ada lagi Blognya ._. baru tau juga ada blog (Sang Cerpenis Bercerita) itu.

      Delete
  7. Wah kalo gue sendiri kurang suka bikin cerpen sih, bikin cerpen kalo lagi bosen aja biar tetep produktif di blog hehe...

    Tapi fiksi lotus ini recomended juga sih, gue sempet baca-baca juga.

    ReplyDelete
  8. hmmmmmm, gw bukan tipe orang yang suka baca fiksi online.. rasanya aneh. lebih suka beli buku novel/antologi langsung ke toko buku aja. dan lagi kelebihannya bisa jadi pajangan alias koleksi :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, menarik.anehnya karena gak bisa di sentuh ya Fuji? Semoga saja cerpen-cerpen terjemahan di fiksi lotus bisa lebih bnahyak dijadikan buku ya

      Delete