Thursday 6 October 2016

What I'm Doing Now






Tadi siang aku baru di sadarkan oleh sebuah video singkat tentang How To Focus Your Priorities.
Video tersebut di unggah oleh Tom Frank, di Channel College Info Geek dan sudah di tonton sebanyak 100-an ribu  kali di Youtube. 

Dalam video tersebut, dijelaskan secara sederhana dan jelas bagaimana masalah yang di hadapi banyak orang, yaitu tidak fokus, bisa di tanggulangi.

Kita semua pasti memiliki banyak ketertarikan, ada yang tertarik gym, paduan suara, bermain musik, berenang, remix musik, dance dan banyak lagi dalam waktu yang bersamaan. Aku misalnya, belakangan senang belajar hal-hal  baru seperti melukis (yang terdiri dari melukis dengan cat air, crayon atau pencil), bermain gitar, memasak makanan, memotret dan editing, blogging, English debating etc. Dan daftar ini bisa saja bertambah tanpa bisa kita sadari, bwrpengaruh terhadap produktivitas kita.

Nah, dari video tersebut, aku belajar bahwa ternyata seseorang (manusia pada umumnya) tidak bisa membagi fokus nya pada beberapa hal sekaligus. Atau dengan kata lain, jika kalian ingin jadi ‘Superstar’ atau mahir dan expert dalam suatu hal, maka fokus pada hal tersebut adalah yang paling penting.
Masalah yang sekarang terjadi padaku, ya itu tadi, terlalu banyak hal-hal yang menarik sehingga fokus ku terpecah-pecah dan berdampak pada result ku terhadap bidang yang lebih penting. Misalnya waktu ku untuk berlatih menulis dipakai untuk hal lain yang sebenarnya bukan menjadi target utama beberapa tahun kedepan.

Ada cerita (fiksi) dimana Warren Buffet berbincang dengan seorang pilot. Dia ditanya “Bagaimana anda bisa tetap fokus pada karir dan impian-impian mu saat ini?”
Warren pun menjawab “tentukan mana prioritas dalam hidup mu” Warren melanjutkan
“buatlah 25 daftar Career Goals mu, kemudian lingkari 5 hal yang menjadi prioritas dan paling penting bagimu. Kau bisa kembali kepadaku dan menunjukkannya”. 

Sang pilot pun melakukan saran dari Warren, dan menghasilkan dua daftar A dan B. daftar A berisi  5 hal paling penting dalam career goalsnya, sedangkan daftar B berisi hal lain yang tidak dia lingkari. Sang pilot kembali menemui Warren, dan berkata;

“Aku mengerti sekarang, ada daftar 5 hal yang paling penting bagiku sekarang yang harus ku fokuskan, sedangkan sisanya yang lain (20 dafatarlain) tidak terlalu penting sehingga bisa ku kerjakan ketika ada waktu luang, tapi tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk itu.”

Warren pun mengatakan
 “bukan demikian, 20 hal yang lain itu adalah daftar hal yang harus kau jauhi, karena daftar tersebut sudah cukup untuk membuat mu terganggu dan kehilangan fokus, jadi, jika ingin berhasil, fokus adalah hal paling penting”

Dari kisah fiksi tersebut kita bisa dapat inspirasi kan? Terlebih bagiku. I actually have so many interest recently, dan jika tidak cepat menyadari akan konsekuensi nya, maka goals ku yang sesungguhnya lebih penting untuk 3-5 tahun mendatang akan sukar di capai.

So, I’m so lucky to have watched this video, dan jika kalian ingin menontonnya, ini link nya.

Anyway, dibawah ini adalah 6 hal yang merupakan prioritas ku sekarang, dan aku tidak akan benar-benar menginvestasi waktu dan energi ke hal-hal lain atau meminimalisir kegiatan ku di hal-hal  yang tidak terlalu penting yang bisa saja menjadi distraction.


Meski demikian, aku tetap terbuka dengan kesempatan-kesepatan baru, karena aku tipe orang yang suka dengan spontanitas dan mencoba hal baru. Tetapi untuk saat  ini, aku hanya akan fokus pada 6 hal diatas. So, have you chosen your priorities? Aku ingin (dan penasaran) tau apakah ada trik khusus dari kalian yang bisa membuat kalian lebih fokus pada suatu hal? Aku sangat menantikan cerita kalian di komentar (:
BS

No comments:

Post a Comment