Wednesday 3 August 2016

Live Consciously

Semester 3 sudah dimulai.
Apa yang menyenangkan?
Tentu bisa bertemu dan menyapa lagi teman-teman seangkatan, maupun senior setelah libur panjang (2 bulan). Beberapa orang terlihat (secara fisik) memiliki banyak
perubahan, dan menurut ku cenderung atraktif dan fresh. Mereka pastinya sudah memikirkan hal ini sebagai awal yang baik untuk perubahan. Termasuk bagiku, semester 3 sebagai permulaan baru untuk bekerja menuju target-target beberapa bulan ke depan.




Seperti halnya semester sebelumnya, aku sudah merencanakan target realistis yang patut dan harus ku capai semester ini, dan mencoba terus mengembangkan diri.
Aku akan kembali mencoba bergabung dengan English Debate Society, karena tahun lalu aku mencoba tapi akibat ketidaksiapan, maka gagal (tidak lulus), namun tahun ini aku sudah memiliki modal mengikuti kompetisi debate, jadi kesempatan kali ini harus dimanfaatkan. Public speaking adalah hal penting sekarang bagiku, itu merupakan kelemahan ku, jadi harus di tingkatkan


Lalu, aku juga akan bergabung dengan komunitas atau organisasi Journalist daerah, yang masih belum banyak info yang ku dapat, tetapi saat ini aku masih terus mencari berbagai info tentangnya. Kemudian, tentu saja target yang harus ku penuhi adalah pengembangan personal Blog ku, yang sekarang ini masih minim article/tulisan, dan sejujurnya masih banyak yang harus di tingkatkan dari segi appearance dan quality. Kemampuan menulis ku juga menjadi target tersendiri, karena menulis adalah hal yang penting dalam membangun Blog (dan atau menjadi penulis).


Semester ini, aku harus membangun hubungan pertemanan baru, jaringan pertemanan baru, yang ku harap bisa didapatkan dari mengikuti society atau community. Hal semacam ini tentu bukanlah comfort zone pribadi ku, mengingat aku adalah seorang introverted person, dan sedikit bermasalah dengan bergaul, jadi hal ini merupakan tantangan penting bagi ku. Apapun itu, se-awkward apapun itu, setidaknyaman apapun itu, aku tetap akan melakukannya, aku tetap akan mencoba mencari pertemanan baru, karena tiap individu tentu memiliki hal menakjubkan, tiap orang memiliki cerita menarik dan hal yang bisa ku kagumi.

Meski sekarang sudah berhasil mengurangi aktifitas di social media dalam hal scrolling down and judging *lol* tapi kedepannya aku akan tetap menggunakan beberapa social media seperti instagram, twitter dan google+ untuk personal branding ku (Aku sudah menghapus akun Facebook). Ya, jadi tidak akan ada lagi postingan yang berbau selfie atau tanpa arti, tetapi harus mendukung personal branding ku dan memiliki arti bagi banyak orang (followers).


Aku juga akan menyusun kembali 30 Day Challege dan segala macam challege-challege lainnya, yang masih tertempel di dinding kamar. Sebagian besar berhasil ku capai, namun ada juga beberapa yang masih belum. Selain itu, my old habits, the bad habits, harus di kick out, harus di transformasi juga ke kebiasaan-kebiasaan yang lebih produktif. Aku senang sekarang bisa kembali menjadi early riser, ini karena aku cukup berkomitmen dengan diri sendiri, aku tidak ingin berbohong lagi dengan diri sendiri.


Hal ini juga berlaku dengan pola makan ku, yang sudah cukup terkendali, karena mostly, aku bisa menghindari dan bahkan benar-benqr mengangap beberapa makanan bukan lagi makanan layak bagi tubuhku, seperti beberapa jenis makanan berminyak, snack berpengawet, minuman berkarbonasi & berpemanis buatan etc. dan lebih banyak ke nabati, dan buah-buahan.

Bahkan, aku harus membuat challege baru tentang makanan. Ini akan sangat membantu dalam membangun kebiasaan-kebiasaan baru. Alam bawah sadar ku tentu akan terbiasa dan terprogram secara automatic.


Semester ini aku harus lebih aktif di dalam kelas, jika di beri kesempatan, harus bertanya, bukan untuk terlihat mencolok, tetapi aku sudah terlalu sering melewatkan kesempatan bertanya, dan banyak hal-hal penting yang seharusnya bisa ku pahami namun terlewatkan karena kurang aktif.
Aku seorang mahasiswa, aku seorang manusia, yang artinya setiap hari adalah waktu belajar, setiap hari adalah waktu untuk memuaskan curiosity.

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada pergi ke tempat tidur dengan pikiran senang akibat pertanyaan-pertanyaan ku mulai terjawab dan sudah terjawab.

Aku akan terus menikmati setiap detik hidupku, aku akan terus membaca hal baru, aku akan terus mempelajari hal baru, keterampilan baru, aku akan bertemu dengan orang-orang baru, aku akan mendengarkan kisah-kisah baru, dan tidak akan ada suatu hari tanpa rasa syukur bagiku.


Semoga kedepannya lebih baik lagi, dan sungguh aku yakin akan hal itu, aku akan menjadi seseorang yang lebih baik beberapa bulan kedepan, beberapa tahun kedepan, aku akan akan mencapai target-target, dan impian - impian ku
Bahkan untuk saat ini, aku bisa merasakannya.
BS

No comments:

Post a Comment