Saturday 6 August 2016

Say Hello to Future Self




Berbicara dengan diri ku di masa depan? Oke sebenarnya bukan merupakan pembicaraan dua arah. sama seperti menyampaikan apa yang harus diri ku di masa depan lakukan. Apa yang seharusnya akan dia capai dan lakukan.



Karena sering surfing ke Blog – blog personal growth, aku menemukan salah satu Blog yang membahas tentang pentingnya ‘berbicara’ pada diri kita di masa depan. Dan dalam mewujudkannya, bahkan sang author mengirimkan email untuk mendownload ebook penuntun bagaimana cara ‘berbicara’ dengan diri kita dimasa depan. Klik disini untuk pergi ke Blog tersebut.

Ada maksud dari hal tersebut tentunya. Mengapa kita harus berkomunikasi dengan diri kita di masa depan? Atau maksudnya memutuskan apa yang harus diri kita di masa depan raih?
Menurut penulis Blog tersebut, dengan kita memiliki visi kedepan, dengna kita bisa menentukan arah hidup kita, maka hal itu dapat membantu kita lebih fokus dan memiliki arah.

Selain itu dalam pendekatan yang di lakukan oleh sang penulis, dia menggunakan teknik Wheel Of Life atau bisa juga menggunakan Table. Maksud dari ini adalah agar kita bisa melihat dan menilai aspek-aspek penting dalam hidup kita, kemudian menentukan mana yang harus di tingkatkan, demi mewujudkan impian. Dengan mengecek beberapa area dalam hidup kita, kita bisa memastikan keseimbangan dan seberapa dekatnya kita dengan hidup ideal impian kita. Berikut adalah Table yang ku buat berdasarkan teknik yang ada dalam ebook tersebut:

Terdapat kolom area atau aspek penting dalam hidup ku, kemudian score yang kita berikan berdasarkan situasi saat ini (harus sejujur-jujurnya) dan score yang diberikan adalah tingkat kepuasan kita terhadap situasi area hidup tersebut untuk sekarang ini, dari nilai terendah 1 sampai yang paling tinggi 10. Kolom berikutnya adalah pendapat kita atau hal yang kita rasakan saat ini tentang area tersebut, contoh: dalam area finance; untuk saat ini masih bergantung pada orang tua dan belum mencapai titik ideal menurutku. Kolom terakhir adalah vision kita, seperti apa dunia kita di masa depan menurut ku? Itulah yang akan ku tulis. Jadi yang ku tulis disitu adalah dunia ideal ku di masa depan dan diri ku dimasa depan akan melakukannya.


Area
Score (/10)
Current Thoughts
10/10 vision
Job/Career
4
Masih belum berkembang usaha jual pulsa atau keuntungan masih sangat kecil. Kemudian untuk Blog juga belum berkembang karena pengunjung masih kurang dan karya atau artikel masih sangat sedikit dan belum sangat berkualitas. Belum membuat artikel berita. Belum membuat kisah/cerita baru. Belum menghasilkan uang dan pertemanan baru. Belum bergabung dengan komunitas journalis atau komunitas menulis. Belum mengikuti kompetisi menulis.
Dalam dunia ideal ku, jika uang bukanlah object atau tujuan aku akan bekerja untuk membantu orang lain, aku akan mengembangkan diri ku sendiri dan melakukan hal yang membuat ku bahagia. Journalist dan blogging adalah hal yang ku senangi, meski tidak perlu dibayar. Aku juga akan bekerja membangun usaha sendiri dan tidak ingin di gaji tetapi member gaji. Jika aku tau aku tidak akan pernah gagal dalam suatu pekerjaaan, maka aku akan bekerja sebagai seorang penulis, Blogger, journalist, news anchor, atlet badminton, penyanyi dan actor atau juga film maker. Aku juga akan bekerja sebagai photographer bebas atau photographer alam. Aku ingin pergi mengelilingi dunia untuk melihat masyarakt-masyarakatnya, aku akan bekerja sebagai sukarelawan membantu anak-anak untuk mendapat kan pengetahuan atau sekolah.
Jika aku berada sekarang berada dalam dunia idealku, maka aku akan bisa menikmati keseharian ku tanpa memikirkan pengeluaran atau uang, aku akan bekerja dengan nyaman karena melakukan hal yang ku sukai tetapi di bayar, aku akan menyumbangkan uang ku untuk membangun sekolah dan meningkatkan lapangan pekerjaaan baru, juga akan mendirikan organisasi yang membantu anak-anak  berkebutuhan khusus maupun penderita kanker dan pelestarian alam. Aku akan memiliki banyak pertemuan dengan orang-orang penting, aku akan pergi berlibur setiap weekend, aku akan pergi ke satu tempta baru mencari inspirasi, aku akan membeli banyak buku yang perlu kubaca, aku akan menghabiskan waktu pagi hari bekerja sampa siang di kantor pribadiku, kemudian menghabiskan waktu sore hari jalan-jalan atau jogging. Aku juga akan mengendarai kendaraan pribadi, aku akan menyantap makanan sehat dan terkontrol setiap harinya, aku akan berpakaian lebih rapih dan modist. Aku akan mendengarkan kisah-kisah baru setiap harinya, aku akan mendapat pengetahuan dan kemampuan baru setiap hari, aku akan dikenal oleh masyarakat luas karena karya-karya ku dan pekerjaan ku, aku akan mendapat kan teman-teman baru dan bertemu orang –orang ahli dalam bidangnya. Aku akan banyak memberikan speech dalam acara-acara besar, aku akan menerima banyak penghargaan, aku akan memiliki hidup serba berkecukupan dan tidak akan merasa kekurangan. Aku juga akan banyak keliling dunia.
Health & Fitness
7
Diet makanan protein bisa di control meski belum memenuhi kecukupannya, kemudian bisa menghindari makanan yang terlalu banyak minyak, menghindari minuman soda, berpemanis buatan, menghindari snack, masih kurang dalam konsumsi buah dan sayur, masih kurang dalam konsumsi kacang-kacangan. Untuk tidur, bisa 7-8 jam perhari atau normal. Kesehatan baik, kebugaran juga lumayan, namun perlu latihan otot lebih banyak lagi, bisa exercise minimal 3 kali per minggu, merasa cukup fresh tiap hari, dan bisa stretching setiap bangun dan sebelum tidur.
Dalam dunia ideal ku, kesehatan ku tetap bugar, dan terkontrol. Tubuhku ideal secara berat badan (tidak kurus tidak gemuk), otot-otot ku bertumbuh dan proporsional. Stamina ku tetap terjaga, badan ku terbentuk dan tidak ada cedera, aku lebih bahagia dan tenang juga semangat setiap harinya. 
Aku jogging ringan setiap sore maupun pagi hari, aku bermain badminton tiap minggu, aku pergi berenang tiap 2 kali seminggu, aku pergi ke gym setiap weekend, aku bersepeda setiap weekend. Untuk pola makan juga terkontrol, selalu makan tepat waktu dan dengan menu makanan sehat dan bergizi.
Aku akan tau jika sudah mencapai dunia ideal ku dalam kesehatan & kebugaran ketika pola makan ku baik, sehat dan bergizi cukup setiap harinya, kemudian badan ku akan terasa lebih segar dan memiliki stamina kuat. Badan ku tentu akan menjadi proporisonal dan terlihat atletis. Aku akan memiliki program teratur setiap minggunya untuk work-out. Aku akan bergabung dengan gym, wajah ku akan terlihat lebih fresh.
Finances
3
Masih bergantung pada orang tua untuk financial, usaha belum berkembang karena masih baru, belum bisa mencukupi kegiatan sehari-hari dan kebutuhan sendiri, ada hutang yangnbelum dibayar, masih jarang menyimpan uang untuk ditabung, pokoknya financial sangat rendah dan masih perlu banyak pemasukan daripada pengeluaran.
Pada dunia ideal ku, keuangan ku tidak bermasalah, aku mendapatkan apa yang ku butuhkan dan tidak merasa kekurangan. Aku menginvestikan beberapa saham ku, aku menyumbang kan sebagian pendapatan ku kepada organisasi amal dan juga organisasi perlindungan satwa langka. Setiap harinya ada minimal $1000 dalam dompet ku, kemudian pekerjaaan ku sebagai penulis membuat ku tidak memikirkan lagi tentang uang. Bahkan pendptan ku sekitar $20000 dalam setiap iklan, komisi, dan gaji tetap.
Aku akan tau itu semua ketika aku akan bisa pergi keliling dunia setiap bulannya, menyumbangkan dana, membeli banyak buku, liburan setiap minggunya,dan pergi menikmati makanan terbaik.
Family
5
Aku cukup mendapat support meski tidak terlalu menonjol dari kedua orang tua dan lebih banyak menyalahkan ku, aku bisa menghabiskan waktu dirumah lebih banyak namun kurang berbicara dengan orang tua, aku masih kurang nyaman berada di sekitar mereka (orang tua) karena terlalu abusive padaku, komunikasi sebenarnya tidak terlalu baik, tapi yang akuii usahakan adaalh tetap bebicara secara sopan dan layak. Aku untungnya bisa mengontrol emosi sedangkan mereka tidak terlalu.
Pada dunia ideal ku, aku berkomunikasi dengan baik kepada keluarga ku, aku menikmati waktu bersama mereka ketika liburan tiba, aku mengajak keluarga ku pergi ke tempat – tempat baru setiap minggunya. Aku merawat kedua orang tua ku di masa tua mereka, aku memberikan apa yang mereka butuhkan dan menjamin pemeriksaan kesehatan mereka.
Mereka tetap melihat ku dirumah setiap malamnya, keluarga ku menjadi lebih positive dan bahagia. Mereka tidak bisa berkata buruk terhadap ku kecuali mendukung ku. Mereka bangga pada ku, dan begitu pun aku.
Aku akan mendapatkan dunia ku sendiri tanpa control atau kendali orang tua, aku akan bekerja untuk mimpi ku. Keluarga ku hanya akan mendukung ku tanpa meragukan ku. Mereka bangga padaku. Aku tidak akan bergantung lagi pada mereka.
Friendships
8
Aku merasa nyaman berada di dekat teman-teman ku, mereka mendukung ku, mereka cukup menerima ku, hubungan ku dengan teman-teman SD juga masih baik, dengan teman-teman kampus baik, tidak ada permusuhan selama ini, aku bisa berbicara dengan mereka, aku menyapa teman-teman dijalan, aku memberikan senyuman, kadang tapi tidak terlalu sering berbicara dan mendengarkkan kisah mereka, namun aku belum tau apakah mereka benar-benar bisa menerima aku apa adanya jika aku mengungkapakan fakta-fakta tentang diri ku sepenuhnya, aku belum cukup terbuka dengan teman, aku belum memiliki teman yang sejati yangbisa diajak berbicara tentang segala hal dan bisa mendukung dan memahami situasi ku. Tapi untuk sekarang aku bahagia memiliki teman-teman yang loyal dan seru.
Aku akan memiliki hubungan yang sangat erat dengan sahabat-sahabat ku. Bahkan berlangsung selama nya. Aku akan menggangap mereka seperti keluarga ku, begitu pun mereka. Aku akan selalau mendukung kehidupan mereka, begitu pun mereka. Mereka akan menjadi sahabat yang setia dan tidak pernah menyerah terhadap ku, begitu pun aku. Aku akan menghabiskan liburan panjang bersama mereka, pergi ke tempat-tempat baru. Kehidupan pertemanan ku akan luar biasa sehat. Mereka akan tetap mendukung ku dan berada di barisan depan. Aku akan tertawa bersama, aku akan menikmati hidup, aku akan melakukan hal-hal baru Bersama, aku akan melakukan hal-hal gila bersama sahabat-sahabat ku. Kami akan jadi squat paling di segani di dunia. Aku akan menjalin persahabtan denga orang-orang terkenal di dunia, para ahli dalam bidangnya dan oran g-orang pemilik hidup penuh gairah. Mereka juga adalah orang-orang cerdas dan unik. Semua itu akan ku tau ketika aku di ajak berlibur setiap bulannya dengan sahabat-sahabat ku, ketika kami berunding menentukan tempat baru, ketika mereka dengan tulus selalu mendukung  secara terbuka di depan umum.
 Fun & Leisure
5
Aku bisa mendengar kan music favorit sepanjang hari, bisa membaca novel kesukaan, bisa santai juga, namun aku masih merasa kurang dalam hal vacation. Aku lebih banyak mengurung diri dalam rumah, hanya saat jogging danpergi ke kampus lah aku bisa melihat-lihat sekitar. Dan juga aku sudah tidak main badminton, aku juga kurang bisa menikmati menulis karena tidak mendapat ide yang pas, aku belum bergabung dengan komunitas menulis, jurnalis, maupun membaca. Aku biasa berenang di pantai seminggu sekali, dan  ku rasa masih kurang waktu ku bermain. Aku belum mendapatkan hobby baru.
Untuk kesenangan ku di dunia ideal, aku akan pergi vacation setiap minggunya atau bulan ke setidaknya satu tempat baru. Aku akan pergi mengelilingi Eropa, Asia dan semua benua. Aku akan bermai badminton setiap minggunya, aku akan belajar olahraga baru. Aku akan menonton konser idola ku ketika ada tour. Aku akan pergi menonton cinema ketika film favorit keluar. Aku akan bersenang – senang dan bermain bersama sahabat-shabat ku. Aku akan bermain music setiap hari. Untuk relax, aku akan pergi ke pantai, duduk disana untuk beberapa jam, mungkin berenang sejenak juga, meditasi setiap 4 kali minggunya. Aku akan pergi memandang pegunungan, aku akan jalan-jalan sore setiap harinya.  Aku akan memesan makana dan ice cream yang cukup untuk membuat ku tersenyum karena rasanya. Aku akan berenang dan melihat sunset di akhir hari. Aku akan keterampilan baru, aku akan membeli buku baru dan membaca nya di dekat pantai. Semua itu lakan ku tau ketika tidak ada lagi tekanan dan stress berat, ketika aku memiliki banyak album foto baru tentang vacation ku, ketika aku akhirnya bisa terbang ke Eropa, ketika aku bisa merencenakan trip berikutnya, ketika aku bertemu dena orang-orang menyenangkan baru, ketika aku dan teman-teman membicarakan vacation berikutnya setiap minggunya.
Home/Physical Environment
7
Aku cukup nyaman dengan kamarku meski banyak nyamuk, kebersihan juga terjaga, aku kurang nyaman jika tengah hari berada dalam kamar/rumah karena panas, kamarku juga banyak kata-kata motivasi namun belum terlalu banyak, aku tidak memiliki penerangan dalam kamar juga, untuk dapur masih kotor, begitu juga kamar mandi, pakaian ku cukup rapih. Aku tidak suka saat asap rokok tercium dalam kamarku. Aku merasa aman dalam rumah, hubungan ku dengan tetangga baik, aku sering membantu mereka juga, aku menyapa mereka, sehingga aku merasa nyaman dan baik, tapi aku tidak terlalu sering berbicara dengan mereka atau menghabiskan waktu dengan tetangga. Aku tidak memiliki seorang teman yang bisa ku kunjungi rumahnya setiap hari.
Pada dunia ideal ku, aku bisa merasakn kenyamaan dalam rumah ku sendiri, aku bisa merasa aman, aku bisa merasa kesejukan, aku bisa melihat tumbuhan hijau di halaman rumah ku, aku bisa melihat tetangga – tetangga ku tersenyum, aku bisa menyiram tanaman ku, aku bisa mendengarkan kicauan burung setiap pagi dan sore hari. Aku akan merasa tenang dan grounded berada di sekitar rumah ku maupun kantor pribadi ku. Aku akan bercengkrama dengan orang – orang sekitar, akuakan sesekali menginap dirumah teman ku, aku akan memelihara kucing tercantik. Semua ini akan ku tau ketika berada di rumah yang lebih nyaman dan bersih, ketika aku bisa mengajak jalan Anjing peliharaan ku setiap sore, ketika aku bisa memelihar kucing paling cantik, ketika bisa mengadakan pesta taman di rumah ku.
Personal growth & developement
7
Aku bisa berbicara dan mengingatkan diri sendiri secara baik, aku bisa menilai diri sendiri, namun masih kurang berkomitmen dengan diri sendiri dan sering membohongi diri sendiri, terlalu banyak pengecualian, kemudian hubungan ku dengan dunia luar cukup baik , aku nyaman, merasa lebih positive.  Tetapi aku masih kurang memanfaatkan waktu sebaik mungkin, aku lebih banyak beristirahat dan melakukan hal yang tidak bermanfaat, aku belum menantang diri ku sendiri lebih jauh, aku belum berlatih secara maksimal, aku belum mengetahui talenta ku yang lain. Namun yang baik adalah aku bisa berbicara melihat kekurangan ku sendiri dan terus mencoba memperbaikinya, aku bisa sadar akan kekuatan ku dan meningkatkannya, aku memiliki tujuan untuk berkembang, tetapi maih sering menunda-nunda dan kehilangan energy dalam bekerja. Bisa dibilang masih kurang semangat. Aku tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain tentang diri ku, aku cukup percaya diri sekarang (meski belum sangat percaya diri berbicara di depan umum), aku mulai mengenal siapa diri ku sendiri dan apa yang penting dalam hidupku, aku memiliki mimpi-mimpi untuk dicapai begitu juga target-target. Aku bangga terhadap diri ku sendiri dan mencoba menikmati setiap detik hidupku, dan itu membuat ku lebih bahagia.  Aku masih kurang pengetahuan, aku masih takut dalam mencoba hal baru, aku yakin terhadap kemampuan ku namun belum berani mengambil langkan lebih jauh, aku tidak terperangkap dogma, dan juga aku masih belum nyaman bertemu dengan stranger atau masuk dalam komunitas baru. Aku mulai bekerja terhadap target-target ku, meski belum terlalu signifikan tetapi dengan mengatur tantangan dan deadline aku bisa cukup fokus. Aku sudah mengurangi intensitas penggunaan social-media dan lebih banyak membaca Blog self-improvement. Hidup ku terasa lebih baik meski aku merasa harus tetap melakukan dan bekerja yang terbaik untuk impian-impian ku.
Pada dunia ideal ku, waktu yang ku habiskan bersama diri ku sendiri semakin banyak, aku akan ber meditasi setiap harinya, aku akan menikmati setiap moment, aku akan melihat lingkungan dan merrasakna apa yang terjadi di sekitar ku tanpa judgment. Aku akan menikmati makanan dengan lebih tenang dan nyaman, aku akan menghabiskan waktu lebih lama didalam kamar mandi, aku akan pergi jalan-jalan sore atau jogging setiap paginya. Aku akan menyapa orang – orang lebih sering. Aku akan lebih banyak menulis. Aku akan merasa lebih percaya diri terhadap diri sendiri, aku akan melihat dunia dengan berbeda, aku akan menikmati setiap detik hidup ku dan tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal tidak menyenangkan, aku merasa lebih bahagia, aku merasa lebih positive dan optimis, aku bisa melihat diri ku sebagai kebanggaan, dan keunikan. Dunia sekitar ku semakin baik dan menyenangkan. Semua itu akan ku tau ketika mimpi-mimpi ku mulai terwujud, ketika orang-orang baru dan istimewa berdatangan, ketika tulisan ku bisa menginspirasi orang lain, ketika orang –orang menghormati ku, ketika orang-orang mendukung sepenuh hati terhadap ku, no more excuses, ketika tidak ada konflik dengan diri ku sendiri, ketika aku akhirnya bisa menjadi diri ku sendiri, dan menjadi seseorang yang ku impikan di hidup ini.

Dari table ini, aku bisa melihat 3 area dengan score terendah, yaitu Job/Career (4), Finances (3), Family & Fun/Leisure (sama-sama 5).

Untuk Job/Career, 3 hal yang bisa ku lakukan untuk membuat score mendekati 10, yaitu:
-          Bergabung dengan komunitas yang cocok dengan career
-          Menghilangkan procrastination
-          Banyak membaca dan berlatih menulis (untuk career menulis)

Untuk Finances:
-          Menabung
-          Melebarkan dan mengenbangkan usaha/bisnis yang sekarang ada
-          Not spend more than earn

Untuk Family:
-          Stand up for my self
-          Lebih positive dalam bersikap
-          Mengerjakan bagian ku

Untuk Fun/Leisure:
-          Pergi bergabung dengan komunitas positive sesuai minat
-          Belajar instrument baru
-          Belajar keterampilan baru


Suatu hari nanti aku akan melihat kembali table ini, dan aku yakin diri ku di masa depan akan bisa mendapatkan hidup ideal ku. Dia akan meraih impian-impiannya, dia akan jadi seseorang yang di inginkannya, berdasarkan siapa dirinya. aku tau perjalanan ini takkan pernah mudah, dan aku sudah siap.
Dan sejujurnya aku merasa lebih optimis setelah menulis ini. Aku bahkan bisa merasakannya saat ini. Diri ku di masa depan meraih mimpi-mimpinya!
BS

No comments:

Post a Comment