Wednesday 27 July 2016

Salam Sapa Blogger Personal








Hai, nama ku Bima (meski ini bukan nama resmi bagi beberapa orang yang kenal aku), dan ini adalah Blog pribadi ku (personal blog) yang sengaja aku buat untuk berbagi pengalaman, cerita, short stories, pendapat, dan hal-hal yang aku sukai lainnya. Mengapa harus personal blog? Mengapa bukan Blog yang lebih khusus? Pertanyaan-pertanyaan ini sudah ku pikirkan sebelumnya, dan jawabannya simple, Aku ingin mengenal diri ku lebih baik lagi. Sehingga, ide untuk membuat Blog yang lebih spesifik tidak mungkin terealisasi disini berdasarkan tujuan tadi. Sebenarnya aku punya satu lagi Blog yang dikhususkan membahas tentang suatu hal (EuropeanPlanet) dan memang aku belum terlalu paham dengan kelanjutan Blog tersebut, karena isi nya yang jujur belum aku kuasai (masih harus banyak belajar dan BACA).

Beberapa orang mungkin akan berpikir bahwa ketika membuat Blog, hal  yang utama adalah traffic dan  advertisement. Namun bagiku sendiri, semenjak Blog ini adalah personal blog, maka tujuan  selain mengembangkan diri tidak ku hiraukan. That’s true!
Ide untuk membuat sebuah Blog sebenarnya sudah ada sejak SMA (faktanya blog ini sudah ada dari tahun 2013) namun hanya sebatas iseng atau coba-coba, dan karena tidak ada tujuan jelas akhirnya terbengkalai(bahkan tidak ada postingan) bertahun-tahun sebelum beberapa bulan lalu, sebuah pemikiran untuk blogging muncul lagi dan kali ini aku sudah serius.

Mungkin hal yang mendorong ku untuk Blogging bukan hanya karena ingin sharing tentang hal seputar aku, tetapi lebih kepada ingin melatih kemampuan menulis ku. Entah kapan persisnya aku mulai tersadar (seperti bangun dari mimpi) akan hal semacam ini, yang ternyata sangat bermanfaat.
Tahun ini aku mulai lebih banyak belajar hal baru, membuka pikiran lebih luas dan mencoba merubah pemikiran lama ku. Dan dalam  proses introspeksi diri tersebut, aku mendapatkan pencerahan (bisa dibilang begitu) untuk mengenal lebih dekat siapa aku, siapa diri ku yang sebenarnya.
Hal ini beralasan karena, aku rasa, beberapa tahun (1-5 tahun) yang lalu, aku bukanlah diriku yang sebenarnya. Bisa dibilang, aku tersesat. Bukan tersesat di pertokoan ramai,tapi lebih rumit. Dan barulah  sekarang aku mulai mencari tau siapa sebenarnya ‘Aku’ dan  hal – hal  yang penting dalam hidup ku.


Menulis, menulis adalah hal yang mungkin semua orang kuasai (menulis huruf atau kalimat dan seterusnya), menulis adalah kegiatan yang cukup membosankan sebenarnya ketika harus duduk di bangku kelas sambil mentransfer apa yang dikatakan guru ke atas lembaran kertas, menulis mungkin sesuatu yang penting bagi beberapa orang yang melahirkan buku-buku di rak perpustakaan, menulis mungkin mengasyikan untuk membantu orang lain, menulis mungkin cara terbaik melampiaskan emosi dan perasaan juga ide ke lembaran-lembaran kertas, menulis mungkin kemampuan paling ajaib yang diajarkan pada kita, menulis mungkin membuka jendela dunia, menulis mungkin jalan menuju impian kita, menulis mungkin kebahagiaan kita. Dan mungkin, menulis adalah panggilan jiwaku.

Selama sekolah (SD – SMP), aku tidak pernah merasa cukup percaya diri dengan apa yang ku tulis, mungkin teman-teman ku bilang “Bim, tulisan mu bagus. Huruf nya indah.” Tapi hanya sebatas huruf, bukan isi dari tulisan nya. Aku tidak pernah berpikir menjadi seorang penulis, terlebih buku-buku yang kubaca hampir semuanya adalah jenis buku yang membosankan, kecuali untuk buku bergambar dinosaurus dan beberapa makhluk lainnya. Namun seiring waktu, ketika aku sudah mulai berpikir tentang hidup di masa datang, lantas, apa yang bisa ku perbuat? Tak cukuplah hanya mendapat nilai-nilai excel dalam kelas, tak cukuplah pandai merapikan kamar, tak cukuplah mahir bermain bulutangkis,dan hal – hal standart lainnya, karena ternyata dunia ini sangat luas (semua orang tau itu), dan hidup kita hanya sekali di planet ini, dan tidakkah ada sesuatu yang bisa ku tinggalkan di dunia ini ketika  roh dan raga ku pergi nanti? Mungkin dengan karya, aku bisa tetap bermanfaat di muka bumi ini jauh setelahnya.

Ucapan mendiang guru Bahasa Indonesia ku sampai sekarang masih terngiang di benak ku, “ternyata, Bima berbakat menjadi seorang penulis ya, mungkin bisa menulis Novel dimasa yang akan datang.” Saat itu, kami sekelas ditugaskan menulis beberapa pragraf cerita pendek (fiksi) dan bahkan ketika itu, aku  tidak  bisa maju ke depan kelas untuk membacakan cerita karangan ku, karena tidak cukup berani (dan menggunakan alasan suara serak), sehingga teman ku lah yang membacakannya.
Sungguh tak terduga, sungguh bahagia, sungguh membekas di benak ku hari itu.


Beberapa bulan belakangan ini, aku mulai lebih giat membaca (dan bukan buku tentang hewan saja), mencoba mengambil pengetahuan-pengatahuan baru, dan merubah segala  macam kebiasaan lama ku. Dan hasilnya? Aku yang sekarang, let’s say, much more  different then I was in  several years ago.
Aku mulai merubah hidupku, dan sekarang aku menjadi seorang early riser, aku mempunyai journal pribadi untuk menulis segala macam hal yang ada di kepala ku (ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya), aku bahkan juga menulis journal mimpi (dream jornal) dan Dream Book sebagai acuan ku untuk melihat goals yang ingin ku capai dan apa yang sudah ku capai. Tidak ada Bima yang pemarah lagi, mungkin sekarang kalau marah hanya terhadap diriku sendiri (jika ada procrastination), lebih menghargai orang lain (karena dulu, bisa dibilang aku sinting sering menilai orang lain dibanding diri sendiri), dan lebih positive (I could smile all along way when it comes to meet strangers on street etc.)

Aku lebih banyak mempelajari tentang diri ku, melihat segala kekurangan dan kelebihan sebagai suatu bagian dari diriku yang harus ku terima dan meningkatkan kelebihan-kelebihan ku, memblokir kekurangan ku, dan mencoba lebih mencintai diri ku sendiri apa adanya. Dengan membuat Blog ini, menulis di blog ini, aku rasa sebagai salah satu hal positive yang bisa ku kerjakan, karena tentu sejalan dengan goals ku, dan blogging sudah menjadi saran dari beberapa penulis sebagai media berlatih dan pengembangan diri (lagipula, aku bukan member dari salah satu kelas/club menulis). Bagi seorang yang introverted seperti ku, memang menulis di blog jadi cara tersendiri untuk berkomunikasi, dan membagi berbagai macam pengalaman dengan para pembaca. 

Aku juga tau, bahwa hidup ini adalah proses belajar, proses memilah mana yang baik dan mana yang buruk, proses meraih impian, sehingga mungkin pendapat ku hari ini tentang suatu  hal, bisa saja menjadi berbeda di masa yang akan datang. Dan tentu aku masih jauh dari kesempurnaan, aku  masih minim pengalaman, aku layaknya seorang anak yang lugu di dunia yang keras ini, dan aku tidak ingin  mengalah terhadap keadaaan, aku akan terus belajar dan belajar, karena itulah tujuan evolusi manusia.  

Stay hungry, stay foolish. – Steve Jobs
  
Memulai suatu Blog adalah juga hal yang masih sangat baru buat ku, dan butuh belajar banyak dari orang-orang yang lebih banyak pengalaman dengan dunia Blogging. Ide untuk mencari wadah menimba ilmu pun muncul ketika salah satu artikel (yang sudah aku lupa alamatnya) tentang pentingnya bergabung dengan komunitas Blogger. Pencarian pun dimulai dan tidak seperti yang kubayangkan, mencari komunitas Blogger mudah, karena ternyata sudah banyak komunitas Blogger besar bertebaran, tetapi ada masalah lain; aku ingin komunitas Blogger yang lebih spesifik ke Personal Blog. Nah, dapatlah aku sebuah tautan ke salah satu komunitas Blogger besar bernama Blogger Energy (BE), yang beruntungnya adalah perkumpulan Blogger Personal! ini nyata.

Aku langsung mencoba mendaftar dan semoga bisa memetik ilmu maupun pengalaman sebesar-besarnya dari Blogger Energy yang luar biasa ini (banyak penulis terkenal yang menjadi member). Keseriusan mengurus Blog akan jadi prioritas ku kedepan. How Lucky I am
  
Aku Bima, sekarang berusia 19 tahun, dengan blog ini, semoga kemampuan menulis ku lebih terasah, aku bisa mendapat pengetahuan baru, mendapat perspective baru dari pembaca ku, saling memberi masukan yang membangun tentunya, dan mungkin beberapa tulisan ku bisa menginspirasi banyak orang, mengambil yang positive dari tulisan ku, dan semoga aku bisa berbagi sesuatu yang ku punya kepada orang lain, membuat hari mereka lebih baik dan tentu saja lebih mengenal diri ku sendiri. Aku yakin hari-hari yang akan datang lebih baik.
Scribo Ergo  Sum!
Have a great day and stay happy Readers !
BS

 









  Photobucket

2 comments:

  1. Wah semangat banget nulisnya niih.. Semoga apa yang diomongin gurunya bisa jadi kenyataan, lo bisa jadi penulis suatu saat nanti.

    Selamat gabung di BE, semoga bisa betah dan ngeksis yaak!

    ReplyDelete