Monday 2 January 2017

Brand New Day



 “You don’t need a new day to start over, you only need a new mindset..” – Hazel Hira Ozbel


Luarbiasa, luarbiasa, luarbiasa!
Tahun 2016 begitu cepat berlalu dengan banyak  hal  yang bisa kukenang dan merupakan tahun terbaik sejauh ini selama ku hidup.
Aku belajar banyak hal di  tahun 2016, sampai-sampai rasanya aku baru benar-benar hidup ketika tahun itu.

-

Awal tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk memulai perubahan, meski perubahan tidak butuh waktu khusus atau momen tertentu untuk dimulai,  kau bisa memulainya kapan saja bukan?
Aku secara pribadi memilih awal tahun ini untuk mulai bekerja pada goals karena ada system pengorganisasian baru yang aku terapkan, dan rasanya hal-hal yang ku butuh selesaikan di  tahun 2016 sudah selesai (meski tidak semua), dan benar-benar bersemangat untuk memulai hal baru di  tahun ini.
Mengilas balik tahun lalu ketika awal tahun, aku benar-benar tidak membuat resolusi ataupun goals yang spesifik, karena jujur saja aku belum tau apa-apa tentang itu semua. Pokoknya habis malam tahun baru, berpikir bahwa harus jadi pribadi yang lebih baik-  hanya itu.
Tapi awal januari tahun 2016 tidak terlalu buruk karena bulan itu  juga aku pertama  kali memulai bisnis online kecil-kecilan sendiri, produknya gelang kulit custom dan seingat ku bertahan sampai bulan ketiga.  Nah, dari situlah – dan karena mengalami hal paling menyedihkan diantara semua yang pernah kualami, aku mulai mencari tau apa yang ingin ku perbuat sehingga tahun ku menjadi lebih berharga dan berkesan.
Aku mulai membaca banyak buku  dari  sebelumnya, bahkan bisa dibilang menjadi seorang bookworm, dan hari-hari menjadi lebih baik. Mulai lah ku tau apa itu goals, resolution dan cara membangunnya. Dari target-target kecil yang ku buat dan kutempel di dinding-dinding kamar, hidup ku mulai terarah. Ada alasan untuk bangun di pagi hari.
Hal yang paling mengesankan tahun 2016 adalah ketika aku belajar menerima diri ku  sendiri dan mencintai diri sendiri. Pelajaran paling berharga yang pernah ada menurutku. Dari kehilangan arah, aku kembali menemukan diri ku. Dan disinilah aku sekarang, mengetik dan mempublikasikan tulisan-tulisan ku, melakukannya hanya demi kesenangan dan tentunya tujuan.

Meski jadi tahun terbaik sejauh ini, aku tidak  ingin terus melakukan hal-hal yang sama pastinya. Ada beberapa hal juga yang perlu ku perbaiki dalam beberapa area kehidupan ku di  tahun baru ini, jadi aku  optimis  bahwa 2017 bahkan akan menjadi tahun yang lebih baik lagi.
Tentang resolusi, biasanya orang akan sedikit membagikan resolusi apa yang mereka ingin fokuskan. Resolusi ku untuk tahun 2017 ini ada banyak, dan bingung mau jalankan yang mana dulu. Sempat berpikir untuk mengadopsi projek kebahagiaan ala Gretchen Rubin, yang setiap bulannya memiliki resolusi masing-masing, untuk personal happiness. Dan yap,  aku ingin mencobanya juga, meski resolusinya benar-benar berbeda dari Gretchen dan sejujurnya ku buat berdasarkan target jangka pendek ku tahun ini, jadi resolusinya sejalan dengan Goals.
Jadi, kalau Gretchen rubin menaruh “Bernyanyi setiap Pagi” aku rasa hal tersebut tidak kubutuhkan, karena tidak aku tidak  akan jadi penyanyi tahun ini.

-

Oh ya, aku juga sangat bersemangat di bagian “Books Challenge 2017”dimana tahun lalu sayangnya aku tidak sampai target baca 25 Buku. Aku hanya menyelesaikan 20 Buku. Tapi tahun ini angkanya ku naikkan menjadi 35 buku – sudah  ku perhitungkan setiap bulan harus selesai baca berapa buku. Kalian juga pasti punya sebuah target membaca kan? Sebagai  seorang pemula atau young bookworm, buku ku masih sangat sedikit, tapi paling tidak sudah sama dengan rata-rata membaca orang Jepang (20-30 buku per tahun).


Well, sampai  disini dulu pembicaraan ini, sebenarnya banyak hal yang bisa kutambahkan, tapi untuk sekarang aku pikir ini  sudah cukup. Selamat menyongsong tahun baru  2017 untuk kita semua, semangat terus dalam mengejar impian masing-masing dan jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Thanks for Reading
BS

No comments:

Post a Comment